Cara menggunakan rumus =VLOOKUP


VLOOKUP adalah rumus yang digunakan untuk mencari suatu data dari data tabel sesuai dengan kolomnya atau secara vertikal di MS Excel. Fungsi ini sangat berguna apabila kita memiliki tabel referensi yang berisikan data. Sedangkan kita ingin mengambil beberapa data tersebut untuk ditaruh di tabel lainnya.

  1. Klik pada sel yang ingin kita tampilkan hasil pencariannya sesuai dengan header tabel kita.
  2. Masukkan rumusnya dengan mengetik rumus berikut: =VLOOKUP(DataYangDicari;RangeTabel;KolomKe;KondisiPencarian)
  3. Selanjutnya masukkan sel pada DataYangDicari di kolom pertama tabel data.
  4. Lalu pada RangeTabel; blok range tabel tanpa perlu memblok judul tabelnya dan tekan F4 pada keyboard untuk menjadikan sel range tersebut menjadi absolut.
  5. Isikan angka sesuai dengan kolom tabel pada KolomKe; dihitung dari sisi kiri ke kanan tabel.
  6. Terakhir ketikkan TRUE atau angka “1” untuk mencari data yang mendekati, ketik FALSE atau angka “0” jika ingin metode pencarian yang sama persis. Sumber
Contoh rumus =VLOOKUP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menggunakan Pivot

Cara menggunakan rumus =UPPER, =LOWER, & =PROPER

Cara instal windows 11