Cara menggunakan rumus =HLOOKUP

 


HLOOKUP adalah rumus yang digunakan untuk mencari suatu data dari tabel data berdasarkan baris tabel atau secara horizontal di Excel. Rumus HLOOKUP ini memiliki kegunaan yang hampir sama dengan rumus VLOOKUP. Hanya saja HLOOKUP secara horizontal sedangkan VLOOKUP secara vertikal.

  1. Klik sel yang ingin kita tampilkan hasil pencarian-nya sesuai dengan header tabel kita.
  2. Ketikkan rumus HLOOKUP dengan format berikut: =HLOOKUP(DataYangDicari;RangeTabel;BarisKe;KondisiPencarian)
  3. Lalu masukkan sel pada DataYangDicari di baris pertama tabel.
  4. Selanjutnya pada RangeTabel blok range tabel tidak usah blok judul tabelnya langsung tekan tombol F4 pada keyboard untuk menjadikan referensi sel tersebut menjadi absolut.
  5. Ketikkan angka sesuai dengan baris keberapa pada BarisKe dihitung dari atas ke bawah.
  6. Kemudian ketikkan TRUE atau angka “1” untuk mencari data yang mendekati. Ketik FALSE atau angka “0” jika ingin mencari data yang sama persis.
  7. Tekan Enter pada keyboard untuk melihat hasilnya. Sumber
Contoh rumus =HLOOKUP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menggunakan Pivot

Cara menggunakan rumus =UPPER, =LOWER, & =PROPER

Cara instal windows 11